X
Beranda
Tentang Kami
Produk
Galeri
Jaringan
Blog
Kontak
X
Beranda
Tentang Kami
Produk
Galeri
Jaringan
Blog
Kontak
Karir
EN
|
ID
INFORMASI
Blog Asian Bearindo
in Informasi Produk

Bearing dan Bagian-Bagiannya

Feb 06, 2024

Bearing adalah suatu komponen dalam suatu mesin atau kendaraan yang berfungsi untuk meminimalisir gesekan antara dua bagian atau part lain yang bergerak sehingga lebih lancar dan halus perputaran atau pergerakannya.

Berikut ini adalah bearing dan bagian-bagiannya:

bearing parts outer ring

Outer Ring

Outer Ring adalah ring yang letaknya berada di bagian paling luar dari bearing. permukaan dari Outer Ring bersentuhan langsung dengan Ball/Roller dan komponen mesin yang lain. Ring ini berfungsi untuk menahan Bola/Roller agar tetap berputar di tempat yang sama.

Outer Ring biasanya terbuat dari material yang keras seperti Baja/Chrome. Ada juga yang terbuat dari Keramik atau Plastik yang biasanya lebih ringan dan kurang cocok untuk ditempatkan pada suhu atau tekanan yang tinggi. Ring yang terbuat dari Keramik atau Plastik biasanya digunakan di Pabrik Kimia, Industri F&B yang membutuhkan bearing Food Grade dan tahan terhadap bahan kimia.

bearing parts rolling elements

Rolling Element

Rolling Element memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang berbentuk Bola, Roller, Silinder, Cone atau Needle yang keras. Rolling Element bersentuhan langsung dengan Outer dan Inner Ring. Rolling Elements akan bergulir sesuai dengan raceway/jalurnya ketika poros/komponen berputar.

bearing parts cage

Cage

Cage biasanya disebut dengan sarang/rumah. Cage berfungsi untuk menjaga jarak antara Bola/Silinder agar Bola/Roller tidak saling bertabrakan atau bergesekan dengan satu sama lain. sehingga dapat membuat putaran dari bearing menjadi halus dan lancar. Cage juga bisa terbuat dari berbagai material, mulai dari Besi, Kuningan, Plastik dan lain-lain

bearing parts inner ring

Inner Ring

Inner Ring terletak pada bagian terdalam dalam sebuah bearing. permukaan dari Inner Ring bersentuhan langsung dengan Ball/Roller dan poros. Inner Ring ini biasanya terbuat dari bahan yang kurang lebih sama dengan Outer Ring

bearing parts seal

Seal

Seal tidak dimiliki oleh semua jenis bearing dan hanya terdapat pada beberapa bearing saja. Seal berfungsi sebagai penutup agar kotoran atau kontaminan tidak masuk ke dalam bearing dan menjaga pelumas tetap bersih. Terdapat 2 seal yang paling sering kita temui yaitu Seal tutup besi dengan kode ZZ dan Seal tutup karet dengan kode 2RS.

 

Oke SoBer, itu dia penjelasan mengenai bearing dan bagian-bagiannya. Jika ingin berkonsultasi atau membeli bearing yang sudah pasti original, bisa menghubungi kami melalui link berikut ini ya!

 

@asianbearindo - ContactInBio

40+ Tahun Pengalaman
di Industri Bearing.
www.asianbearindo.com
Asian Bearindo Group
Jl. Tanjungsari No.19
Sukomanunggal, Surabaya
Jawa Timur 60188
TERMS & CONDITIONS | PRIVACY POLICY | © Copyright 2024
ASIAN BEARINDO GROUP - Bearings & Sparepart Distributor